Resep Kue Red Velvet Cake

Resep Kue Red Velvet Cake 


Resep Cara Membuat Kue Red Velvet Cake yang Praktis
Kue Red Velvet Cake
Resep Cara Membuat Kue Red Velvet Cake yang Praktis - Red Velvet Cake atau biasa disebut "Devil Food's" mempunyai ciri khas sebagai kue yang ber tekstur lembut, soft, harum, dan cheesy. Biasanya kue ini dibuat dalam sebuah loyang ukuran besar yang kemudian dibagi menjadi tiga lapisan dimana setiap lapisannya diisi dengan cream cheese yang lezat dan gurih. Warna merah pada kue Red Velvet diperoleh dari buah bit, tetapi untuk sekarang ini banyak juga yang menggunakan pewarna kue dan makanan sebagai pengganti dari jus buah bit.
Kue yang sudah ada sejak jaman Perang Dunia II, sekarang ini sangat booming atau terkenal setelah Film yang dibintangi oleh Julia Roberts dalam film Steel Magnolias muncul. Kue Red Velvet yang muncul saat ada adegan dari pengantin pria yang membawakan kue ini untuk istrinya, sejak itulah Red Velvet menjadi salah satu makanan yang di incar suluruh orang di dunia. Keren sekali ya Red Velvet Cake ini.
Bahan A :
    385 gr tepung terigu protein sedang
    55 gr cokelat bubuk.
    1 1/2 sdt garam.
    50 gr susu bubuk full cream.
Bahan B :
    490 cc minyak goreng.
    450 gr gula pasir.
    3 butir telur.
    1 1/2 sdt vanili bubuk.
    pewarna merah secukupnya (optional).
Bahan C :
    100 cc juice bit yang dibuat dari 2 buah bit (kurang lebih 300 gr)
    200 cc air.
Bahan D : (Buttermilk)
    295 cc, susu UHT plain.
    2 sdm air jeruk nipis.
Bahan E :
    2 sdt soda kue.
    2 1/2 sdt air jeruk nipis.
Bahan Cheese Frosting :
250 gr cream cheese.
100 gr unsalted butter.
200 gr gula halus.
473 cc fresh cream.
50 gr susu bubuk.
Cara Membuat Cake :
1. Blender (bahan C) kemudian masak dengan api kecil hingga air menyuusut setengahnya. Lalu saring dan ukur sebanyak 100 cc. Sisihkan dulu dan biarkan dingin.
2. Untuk membuat Buttermilk sendiri, campur semua (bahan D), aduk sampai  rata dan sisihkan. Maka bentuk akhirnya akan mengental seperti yoghurt.
3. Panaskan oven dan siapkan 3 loyang bundar berdiameter 24 cm tinggi 3 cm, dan olesi dengan margarin atau minyak. Atau 1 loyang bundar berukuran besar, nanti di hasil jadinya anda bisa membagi cake nya menjadi 3 bagian. (optional, karena semuanya sama saja).
4. Campurkan semua (bahan A) lalu ayak.
5. Mixer / Blender gula dan minyak sampai rata, setelah itu pindahkan ke baskom lalu masukkan telur satu satu, mixer hingga rata dengan kecepatan rendah selama kurang lebih 3 menit. Kemudian Masukkan jus bit, pewarna, dan vanili lalu aduk rata.
6. Tambahkan campuran terigu (step no. 4) kedalam adonan dan mixer dengan kecepatan rendah hingga semua tercampur rata.
7. Masukkan buttermilk, aduk sampai rata dengan menggunakan spatula.
8. Campurkan (bahan E) (lebih baik dibuat dadakan di mangkok kecil dan diaduk sampai rata) lalu masukkan campuran bahan E tadi ke dalam adonan, aduk hingga rata.
9. Tuangkan adonan ke dalam loyang kemudian panggang sampai matang dengan suhu 180 derajat Celcius selama kurang lebih 30 menit.
Cara Membuat Cheese Frosting :
1. Campur bahan cream cheese, butter, susu bubuk, dan gula bubuk, kemudian kocok hingga lembut dan Sisihkan.
2. Dalam tempat terpisah, kocok fresh cream hingga mengembang (atau menjadi whip cream)
3. Masukkan campuran cream cheese, dan mixer dengan kecepatan rendah hingga tercampur rata.

Finishing Red Velvet Cake :
1. Kalau cake satu dalam ukuran besar, sobat onliners bisa memotong cake nya dulu secara horizontal menjadi 3 bagian dengan menggunakan pisau. Atau kalau sudah langsung jadi 3 cake dari 3 loyang langsung saja ambil selembar cake lalu olesi atasnya dengan cheese frosting secukupnya lalu tutup dengan selembar cake lagi. Selesaikan sampai cake terakhir.
2. Tutup semua permukaan cake dengan sisa cheese frosting kemudian hias sesuai dengan selera. Simpan di kulkas dan siap dinikmati.
3. Untuk menghias kue, sobat onliner's bisa menggunakan bola warna warni, kacang kacangan, permen warna warni, atau buah yang sobat suka misalnya cherry, strawberry, atau blueberry. Jadi makin cute kan kue nya.
Untuk : 10 – 12 potong                                                                                                                                http://tempatonlineku.blogspot.com/2012/07/resep-cara-membuat-kue-red-velvet-cake.html

0 komentar:

Posting Komentar

Adele - Someone Like You