Modding

Modding pada Android


Buat kamu yang gila banget sama aplikasi handphone pasti tau donk aplikasi satu ini....
Yaps tidak salah dan tidak bukan aplikasi ini terdapat pada salah satu handphone yang baru marak-marakny....
yaitu "MODDING" pada android
Istilah modding sendiri artinya modifikasi. Dimana kita memodifikasi ponsel secara software (perangkat lunak) yang biasa disebut firmware, maupun hardware (perangkat keras) yaitu fisik ponsel itu sendiri. Perkembangan dunia ponsel sangat pesat beberapa tahun terakhir. Fungsi – fungsi yang ditawarkan oleh ponsel – ponsel  yang beredar di pasaran pun semakin canggih dan beraneka ragam. Dari yang sederhana, yang hanya bisa digunakan untuk menelepon dan SMS, mendengarkan radio dan mp3 dengan kualitas sangat baik, memotret dalam resolusi tinggi, memainkan game – game  3D (3 dimensi), merekam video dengan kualitas tinggi, sampai yang bisa digunakan untuk mengolah dokumen – dokumen kerja. 
Modding pada level software relatif lebih aman dibandingkan dengan modding pada level hardware. Sebab jika terjadi masalah / kesalahan pada proses modding, kita bisa dengan mudah mengembalikan kondisi firmware seperti semula (dengan catatan kita sudah melakukan proses backup data), kecuali untuk kasus2 tertentu





Hal –hal yang perlu dilakukan saat modding.
·         Kesadaran penuh bahwa dengan memodifikasi ponsel, Anda sebagai orang yg melakukan modifikasi yang bertanggung jawab penuh atas segala macam resiko yang terjadi bila ada kesalahan dalam prosesnya.
·         Pengetahuan yang cukup tentang modding / panduan modding yang benar yang dibuat oleh orang – orang yang sudah berhasil memodifikasi ponselnya.
·         Bahan – bahan  dan alat – alat  (baik software maupun hardware) untuk praktek modifikasi sesuai dengan jenis modifikasi yang diinginkan.
·         Keberanian, konsentrasi dan kesabaran tinggi. Keberanian diperlukan untuk melakukan modding, karena untuk orang yang awam tentang dunia IT, kita akan berhadapan dengan serangkaian prosedur yang terlihat sangat rumit, dimana kita akan berhadapan dengan system ponsel yang mungkin belum pernah kita lihat sebelumnya.
Fitur utama dari modding ini antara lain:
1.      Support Live Wallpaper (‘butterfly’ Live Wallpaper included) 
2.      Interface ala Android HoneyComb 
3.      Support lebih dari 60 model Tablet Android WM8650 
4.      ROM bisa di-custom 
5.      100% Rooted 
6.      Kualitas Audio meningkat 
7.      Updated BusyBox ke versi 1.19 
8.      Memory cleaning meningkat 
9.      Memory read/write meningkat 
10.  Versi Lite, mendukung banyak aplikasi 
11.  Mendukung banyak bahasa 
12.  Support Android Market/Google Market (v2.3.6) 
Misalnya IMO Tab X3, Proses instalasi ROM:
1.      Sisipkan kartu microSD ke PC/Laptop. Bisa menggunakan card reader atau port khusus yang ada di PC/Laptop. 
2.      Format kartu microSD menggunakan sistem FAT32. 
3.      Cari tahu tipe/model Tablet Android IMO Tab X3 Anda (misalnya VIA WM8650/M009s/M003s/M012s/etc.) 
4.      Ekstrak/Unzip file ROM Universal Uberoid WM8650 1.5.3 HoneyCombMOD v9 yang telah didownload ke folder PC/Laptop.
5.      Jalankan file “CHANGER.EXE” yang ada di folder hasil ekstrak ROM modding. 
6.      Masukan nomor kode dari tipe/model Tablet Android Anda di kotak dialog bagian bawah. Selanjutnya tekan “Enter”. Misalnya, Anda pilih ROM dari tipe M009s Blue LED 7” , di kotak dialog tersebut ketik angka 2 lalu Enter. 
7.      Catatan  :
Pada langkah ini anda diminta untuk menyesuaikan model tablet android dengan "WM8650 ROM" yang ada di firmware UBEROID.
Jika tablet anda IMO Tab X3 warna (merah) anda ketik 27, jika warna (putih/silver) Charger bengkok (L) anda ketik 8 , jika warna (hitam) anda ketik 11. kemudian tekan tombol ENTER dan akan muncul jendela konfirmasi lagi , anda jawab Y
8.      CHANGER.EXE akan menampilkan notifikasi untuk menyimpan ROM modifikasi ke microSD, pilih ‘Y’ selanjutnya tekan Enter. Proses modifikasi dan copy ROM ke microSD akan berlangsung secara otomatis. 
9.      Setelah sukses ter-copy ke microSD, cabut kartu memori tersebut 
10.  Matikan Tablet Android IMO Tab X3 
11.  Masukan kartu microSD ke slot yang tersedia. 
12.  Hidupkan Tablet Android IMO Tab X3  
13.  Proses instalasi ROM akan berlangsung secara otomatis, di bagian bawah screen/layar akan tertampil indikator prosentasi proses instalasi. Tunggu sampai 100%, dan Anda akan diminta untuk mencabut kartu microSD. 
IMO Tab X3 Anda sudah berhasil dimodifikasi.
A.   Keuntungan Modding pada Android       
  Ada banyak pilihan Custom ROM yang bisa dipilih untuk perangkat Android yang bisa di download dengan gratis,. Jenis dan macam Custom ROM contoh-nya sebagai berikut : CyanogenMod , MIUI 2.3.3 , FolioMod , Darky’s Extreme Edition , ROM Kitchen , GingerReal , Turbo GingerGingerCriskelo , DebusROM , Juwe’s Smart Edition , Serendipity , Ultimate , Tiramisu , 7Linux ROM , Simple Honey , F1 JVP Mod , HaWkiSH 2 , Thunder , Laila’s ROM , Insanity , c0llal0-rel0ad3d , Filetrap TwoNights , Apanda ROM China  ( review Apanda ) , Official Foxconn ROM 2.2 , Apem ROM ANDRO-ID v1.0 (Indonesia) , Android Bakpia 2.2.0 Nexian Journey (Indonesia) dan lain-lain.
·         Versi terbaru Custom ROM sering diupdate oleh masing-masing custom developer dan kemudian dirilis segera setelah dipasarkannya perangkat Android.
·         Dukungan penuh oleh pengembang dan kontributor Custom ROM dalam Forum terkait.
·         Peningkatan kinerja dan optimasi pada perangkat, dimana user atau pengguna lebih maksimal menggunakan perangkat Android mereka.
·         Memaksimalkan penggunaan memori SD Card eksternal sebagai tempat menyimpan Aplikasi-apps. Biasanya untuk handphone-handphone lama yang masih mempunyai memori internal kecil.
·         Beberapa Custom ROM-firmware menawarkan fitur yang mengurangi pemborosan baterai. Jadi beterai perangkat bisa lebih irit.
·         Ada beberapa Custom ROM yang menawarkan fitur Over Clocking yang terintegrasi , sehingga akses aplikasi perangkat lebih cepat.
·         Dimungkinkannya user atau pengguna untuk root akses-Rooted ke perangkat serta memudahkan Install Aplikasi tanpa menuju Market Android (sideload apps-aftermarket).
Sekian Hal yang dapat saya sampaikan tentang modding....
Semoga hasilnya memuaskan 
Sumber : 
 

0 komentar:

Poskan Komentar

Adele - Someone Like You