Rajin Sikat Gigi Kurangi Risiko Kanker

Click here to see a large version

Click here to see a large version
Kesehatan gigi yang buruk dihubungkan dengan kematian prematur karena kanker.

Oleh Kim Hookem-Smith | Yahoo Lifestyle

Membersihkan gigi Anda dengan benar dapat mencegah kanker, menurut sebuah penelitian terbaru.

Dengan sampel 1.390 orang, dari tahun 1985 hingga 2009, ternyata didapatkan hubungan antara kesehatan gigi dan kematian akibat kanker.

Dari 1.390 orang itu, 58 sudah meninggal dunia pada 2009. Dan 35 dari 58 orang itu meninggal karena kanker. Ternyata terungkap bahwa 35 orang tersebut memiliki jumlah plak gigi yang lebih tinggi dibandingkan sisa responden yang masih hidup.

Konten Terkait : How many Brits forget to clean their teeth?

Rata-rata usia yang meninggal karena kanker adalah 61 tahun pada wanita dan 60 tahun pada pria. Keduanya dianggap kematian prematur (terlalu cepat).

Meski demikian, para peneliti belum bisa memastikan kaitan yang jelas antara buruknya kesehatan gigi dan kanker. Para peneliti juga tidak yakin apakah itu faktor sebab akibat atau tidak.

"Berdasarkan penemuan sekarang, kadar bakteri yang tinggi di permukaan gigi dan gusi selama jangka waktu yang lama mungkin berperan dalam zat yang menyebabkan kanker," ujar penulis hasil penelitian itu.

Tapi mereka juga mengemukakan satu kemungkinan. Jika orang dengan kesehatan gigi yang buruk juga memiliki kesehatan yang buruk secara umum dan memiliki banyak infeksi, maka ini juga dapat meningkatkan kerentanan tubuh terhadap kanker. Saat ini penelitian lebih jauh sedang dilakukan.

Tidak peduli apa pun hasilnya, jagalah selalu kesehatan gigi Anda, atau Anda akan menyesal!
Sumber dari:
http://id.she.yahoo.com/rajin-sikat-gigi-kurangi-risiko-kanker.html

0 komentar:

Poskan Komentar

Adele - Someone Like You